Kamis, 19 Februari 2009

Disiplin

Disiplin dalam Islam disebut istiqamah, yaitu teguh pendirian atau patuh dalam tauhid dan tetap menjalankan amal saleh atau kebaikan. Bagi orang yang istiqomah tidak akan ada rasa sedih dan khawatir, karena mereka meyakini betul-betul akan kebenaran agamanya.
Salah satu sarana dalam menegakan disiplin adalah pengendalian diri dan selalu berupaya untuk melakukan kebaikan dan menghindari kejahatan.
Islam mengajarkan disiplin yang terkait dengan perilaku shalat yang merupakan tiang agama.
Bila dikaji dan digali disiplin dalam shalat adalah sebagai berikut:
1.Displin waktu



” Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.
” (QS.An Nisaa’ ayat 103).

”Demi waktu sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran” (QS.AL’Ashr ayat 1-2-3).
2.Disiplin bersih
”Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang bersih” (QS.Al Baqarah ayat 222).
3.Disiplin terhadap perintah pimpinan
”Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan Rasul dan pimpinan diantara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikan ia kepada Allah (QS. An Nisaa’ ayat 59).

4.Disiplin kebersamaan dan kesetiakawanan

”Sesunguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara” (QS.Al Hujarat ayat10).
”Tidak sempurna iman seseorang, sehingga ia mencintai saudaranya seperti apa yang ia cintai untuk dirinya” (H.R.Bukhari,Muslim dan An Nasa’i dan Anas).

5.Disiplin tertib dan berurutan

”Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu pekerjaan), kerjakanlah sungguh-sungguh (pekerjaan) selanjutnya” (QS.Alam Nasyrah ayat 7).

6.Disiplin keserasian perilaku jasmaniah dan rokhaniah


”supaya kamu jangan melampaui batas tentang keseimbangan itu” (QS.Ar Rahman ayt 8)

7.Disiplin tugas
”Sesungguhnya Allah menyukai orang yang apabila mengerjakan sesuatu, dia kerjakan dengan baik” (HR.Al Baihaqy danAisyah)
8.Displin dalam meningkatkan kualitas


”Allah mengangkat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang memiliki ilmu beberapa derajat”. (QS.Al Mujadallah ayat 11)

”Apakah manusia menyangka bahwa mereka dibiarkan saja, mengatakan: kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi?” (QS.AL Ankabut ayat 2).

9.Disiplin dalam menuntut ilmu
”Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. (QS.AL Alaq ayat 1s/5}.
“Menuntut ilmu diwajibkan bagi kaum muslimin dan muslimat”. (HR Ibnu Majah&Anas)
“Tuntutlah ilmu dari buaiyan sampai keliang kubur” ( Al hadist)
“Tuntutlah ilmu meskipun sampai Kenegeri China, karena menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim”. (HR.Al Uqaily, Ibnu ‘Ady dan Al Baihaqy).
10.Disiplin etika

“Ajaklah (manusia) kepada jalan Tuhan dengan hikmah (ber etika) dan berilah pelajaran yang baik (berlogika) dan berdiskusilah dengan mereka untuk menghasilkan yang baik (ber estetika)”. (QS. An Nahl ayat 125)
11.Displin mencegah yang dilarang.

”Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS.Al Ankabut 45 )
Balasan bagi orang yang istiqamah dalam keimanan dan ketakwaan adalah kebahagiaan di dunia dan akhirat.

“Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal didalamnya, sebagai balasan atas apa yang tekah mereka kerjakan” (QS.Ahqaaf ayat 14).

Tidak ada komentar: